Haloo....
bagaimana kabar kalian?,
kali ini saya akan berbagi ilmu kembali yaitu cara menggunakan salah satu dari profram
kerja microsoft yaitu microsoft excel. Pada postingan kali ini saya akan
membaguikan pengertian dan beberapa rumus dari microsoft excel, serta cara
menggunakan serta kegunaannya.
Kalian bisa meng akses
microsoft excel dengan mudah di pc kalian masing-masing. Dapat melalui dekstop,
juga dapat melalui program run lalu kalian ketik "microsoft excel".
Setelah itu akan muncul gambar seperti dibawah ini:
Jika sudah muncul,
kalian bisa klik dua kali ya sob...
kemudian kalian akan
masuk dengan menu excel seperti gambar di bawah ini:
Untuk selanjutnya saya
akan menjelaskan apakah itu microsoft excel.
Pengertian dan Fungsi Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah
sebuah aplikasi spreadsheet yang
dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS X,
dan iOS. Di dalam Microsoft Excel terdapat berbagai macam fitur yang bisa
digunakan seperti grafik, kalkulasi, tabel dan lainnya. Yang menarik dari
Microsoft Excel adalah banyaknya fungsi-fungsi yang dapat membantu
menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat.
jadi, pada intinya microsoft excel adalah program pc yang
digunakan untuk menghitung data, dan memudahkan pengguna untuk menyelesaikan
perhitungan data pada setiap persoalan dan permasalahan data. Microsoft excel
memiliki keuntungan yaitu dapat menghitung data yang berjumlah banyak.
Sudahkah kalian paham?, selanjutnya saya akan memperkenalkan
fungsi dan kegunaan microsoft excel di beberapa bidang, yaitu:
Bidang
Akuntansi
Contoh dari penggunaan program microsoft excel dalam bidang
akuntansi adalah menghitung jumlah rugi/laba suatu perusahaan, mencari besarnya
keuntungan selamasatu tahun, menghitung gaji karyawan, dan sebagainya.
Kalkulasi
Matematis
Kalkulasi matematis digunakan untuk mencari data dari hasil
penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta berbagai variasinya.
Pengelolaan
Data
Penggunaan pengelolaan data yaitu untuk pengelolaan data base
statistik, menghitung data, mencari nilaitengah, rata-rata, dan
pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data.
Pembuatan
Grafik
Excel dapat digunakan untuk membuat grafik, misalnya grafik
perkembangan nilaikomputer siswa dalam lima tahun, grafik perkembangan jumlah
penduduk selama satutahun, grafik kunjungan siswa ke perpustakaan selama satu
tahun, grafik kelulusan siswaselama 10 tahun, dan sebagainya.
Operasi Tabel
Dengan jumlah baris pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576
dan jumlah kolom16.384, maka tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan
input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.
Selain beberapa fungsi dan kegunaan microsoft excel seperti yang
telah kami tuliskan diatas, tentunya untuk mengoperasikan program buatan
microsoft ini anda perlu mengetahui rumus microsoft excel. Nah, berikut adalah
rumus lengkap excel yang dapat anda pelajari dibawah ini.
Kumpulan Rumus Excel Lengkap :
SUM
Rumus SUM ini paling sering di
gunakan, fungsi utamanya adalah untuk penjumlahan /menjumlahkan. Misal :
=SUM(B12:B25) artinya menjumlahkan data di kolom B12 sampai B25
AVERAGE
Fungsi untuk mengabil nilai
rata-rata suatu variable, misal :
= AVERAGE(D7:E7) artinya menngambil nilai rata-rata dari D7
sampai E7.
SINGLE IF
Fungsi Menguji kebenaran suatu kondisi, contoh kasus serbagai
berikut:
MULTI IF
Fungsi hampir sama dengan fungsi IF akan tetapi di ambil dari
dua kondisi. contoh kasus sebagai berikut:
HLOOKUP
Fungsi Menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam
format mendatar. syarat penyusunan tabel ; data pada baris pertama harus
berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4…. atau huruf
A-Z. Jika anda sebelumnya mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan menu
Ascending. contoh kasus sebagai berikut:
![kumpulan rumus excel](file:///C:/Users/KKPI02/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image009.jpg)
VLOOKUP
Fungsi menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam
format tegak atau vertikal. syarat penyusunan tabel data pada baris pertama
harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4…. atau
huruf A-Z. Jika anda sebelumnya mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan
menu Ascending. contoh kasus sebagai berikut:
MAX
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data,
penulisannya adalah sebagai berikut: =MAX(number1,number2,…).
Catatan : Dalam beberapa kasus rumus excel yang menggunakan koma “,” tanpa petik atas ”
tidak bisa di gunakan, jadi sobat ganti tanda koma”,” dengan tanda titik koma
“;” tanpa tanda ” begitupun sebaliknya. Sekian ulasan yang dapat kami sampaikan
berkaitan dengan Kumpulan Rumus Excel Lengkap semua
fungsi yang terbaru 2018. Entah untuk microsoft excell 2003. excel 2007 , excel
2010, dan excel 2015.
Berikut tadi merupakan penggunaan Microsoft excel bagi pemula
dan sangat mudah mencoba
Sekian terima kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar