Selasa, 13 November 2018

Cara Penggunaan Microsoft Excel Bagi pemula dan Fungsinya

Haloo....
bagaimana kabar kalian?, kali ini saya akan berbagi ilmu kembali yaitu cara menggunakan salah satu dari profram kerja microsoft yaitu microsoft excel. Pada postingan kali ini saya akan membaguikan pengertian dan beberapa rumus dari microsoft excel, serta cara menggunakan serta kegunaannya.




Kalian bisa meng akses microsoft excel dengan mudah di pc kalian masing-masing. Dapat melalui dekstop, juga dapat melalui program run lalu kalian ketik "microsoft excel". Setelah itu akan muncul gambar seperti dibawah ini:


Jika sudah muncul, kalian bisa klik dua kali ya sob...
kemudian kalian akan masuk dengan menu excel seperti gambar di bawah ini:

 


Untuk selanjutnya saya akan menjelaskan apakah itu microsoft excel.

Pengertian dan Fungsi Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS X, dan iOS. Di dalam Microsoft Excel terdapat berbagai macam fitur yang bisa digunakan seperti grafik, kalkulasi, tabel dan lainnya. Yang menarik dari Microsoft Excel adalah banyaknya fungsi-fungsi yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat.
jadi, pada intinya microsoft excel adalah program pc yang digunakan untuk menghitung data, dan memudahkan pengguna untuk menyelesaikan perhitungan data pada setiap persoalan dan permasalahan data. Microsoft excel memiliki keuntungan yaitu dapat menghitung data yang berjumlah banyak.
Sudahkah kalian paham?, selanjutnya saya akan memperkenalkan fungsi dan kegunaan microsoft excel di beberapa bidang, yaitu:
Bidang Akuntansi
Contoh dari penggunaan program microsoft excel dalam bidang akuntansi adalah menghitung jumlah rugi/laba suatu perusahaan, mencari besarnya keuntungan selamasatu tahun, menghitung gaji karyawan, dan sebagainya.
Kalkulasi Matematis
Kalkulasi matematis digunakan untuk mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta berbagai variasinya.
Pengelolaan Data
Penggunaan pengelolaan data yaitu untuk pengelolaan data base statistik, menghitung data, mencari nilaitengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data.
Pembuatan Grafik
Excel dapat digunakan untuk membuat grafik, misalnya grafik perkembangan nilaikomputer siswa dalam lima tahun, grafik perkembangan jumlah penduduk selama satutahun, grafik kunjungan siswa ke perpustakaan selama satu tahun, grafik kelulusan siswaselama 10 tahun, dan sebagainya.
Operasi Tabel
Dengan jumlah baris pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah kolom16.384, maka tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.
Selain beberapa fungsi dan kegunaan microsoft excel seperti yang telah kami tuliskan diatas, tentunya untuk mengoperasikan program buatan microsoft ini anda perlu mengetahui rumus microsoft excel. Nah, berikut adalah rumus lengkap excel yang dapat anda pelajari dibawah ini.



Kumpulan Rumus Excel Lengkap :
SUM
Rumus SUM ini paling sering di gunakan, fungsi utamanya adalah untuk penjumlahan /menjumlahkan. Misal :
=SUM(B12:B25) artinya menjumlahkan data di kolom B12 sampai B25
AVERAGE
Fungsi untuk mengabil nilai rata-rata suatu variable, misal :
= AVERAGE(D7:E7) artinya menngambil nilai rata-rata dari D7 sampai E7.
SINGLE IF
Fungsi Menguji kebenaran suatu kondisi, contoh kasus serbagai berikut:









MULTI IF
Fungsi hampir sama dengan fungsi IF akan tetapi di ambil dari dua kondisi. contoh kasus sebagai berikut:







HLOOKUP
Fungsi Menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar. syarat penyusunan tabel ; data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4…. atau huruf A-Z. Jika anda sebelumnya mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan menu Ascending. contoh kasus sebagai berikut:

kumpulan rumus excel
VLOOKUP
Fungsi menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak atau vertikal. syarat penyusunan tabel data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4…. atau huruf A-Z. Jika anda sebelumnya mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan menu Ascending. contoh kasus sebagai berikut:

MAX
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya adalah sebagai berikut: =MAX(number1,number2,…).
Catatan : Dalam beberapa kasus rumus excel yang menggunakan koma “,” tanpa petik atas ” tidak bisa di gunakan, jadi sobat ganti tanda koma”,” dengan tanda titik koma “;” tanpa tanda ” begitupun sebaliknya. Sekian ulasan yang dapat kami sampaikan berkaitan dengan Kumpulan Rumus Excel Lengkap semua fungsi yang terbaru 2018. Entah untuk microsoft excell 2003. excel 2007 , excel 2010, dan excel 2015.
Berikut tadi merupakan penggunaan Microsoft excel bagi pemula dan sangat mudah mencoba
Sekian terima kasih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tutorial Membuat Meja di Software Blender

link video